Pengganti E-KTP Sementara, Boleh Pakai Surat Keterangan

Pemerintah Pusat menyampaikan secara resmi, ketersediaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) per tanggal 1 Oktober 2016 telah habis.

Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) menegaskan, bagi penduduk yang telah melakukan perekaman KTP- El, tetapi belum mendapatkan fisik KTP El, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang ada di Kabupaten/Kota bisa menerbitkan surat keterangan sebagai pengganti KTP El.

Surat Keterangan ini nantinya akan menerangkan bahwa penduduk tersebut benar-benar sudah melakukan perekaman KTP El dan telah terdata dalam database kependudukan Kabupaten/Kota tersebut, dan berlaku layaknya KTP-el sejak diterbitkannya SE Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Nomor 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016.

Keterbatasan kesediaan blanko KTP El, terjadi pula di Kabupaten Bandung. Saat ini sudah sekitar beberapa bulan lalu, kelangkaan blanko menjadi masalah baru bagi sebagian orang yang ingin beraktivitas menggunakan KTP.

Namun berdasarkan Surat Edaran Mendagri Nomor : 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016 perihal : Percepatan KTP el dan Akta Kelahiran, khususnya yang berkaitan dengan penerbitan KTP el, kini Surat Keterangan bisa di pakai sebagai pengganti KTP el sementara dan memiliki fungsi yang sama.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Dra.H.Salimin.,M.Si mengungkapkan, saat ini Surat Keterangan pengganti KTP el, memiliki fungsi yang sama, seperti untuk kepentingan pemilihan umum (Pemilu), perbankan, imigrasi, kepolisian, asuransi, pernikahan dan kebutuhan lainnya.

Lebih lanjut Salimin membenarkan bahwa sebagian masyarakat Kabupaten Bandung memang mengeluhkan ketersediaan blanko yang memang telah habis dari pemerintah pusat sebagai pemiliki kewenangan untuk penerbitan KTP el.

“Sebagian masyarakat memang mengeluhkan masalah ini, blanko habis bukan kami yang cetak, tapi langsung dari Pemerintah Pusat. Sekarang masyarakat bisa menggunakan Surat Keterangan pengganti KTP sementara dan perekaman untuk KTP el tetap kami layani,” ungkap Salimin saat ditemui diruang kerjanya, Senin (17/4).

Dia menambahkan, sampai saat ini blangko KTP-el belum tersedia sampai sekitar pertengahan 2017. Selama KTP-el belum diterima, maka pertugas akan memberikan surat keterangan. Surat keterangan tersebut dikeluarkan saat setelah perekaman atau pengurusan KTP-el tersebut dilakukan.

Data-data pada surat keterangan akan sama persis dengan yang ada pada KTP-el tersebut. Sementara, untuk mendapatkan Surat Keterangan, kata Salimin, masyarakat bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung. Setelah form Surat Keterangan diisi dengan melampirkan pas photo 3×4, kemudian diproses dan ditanda tangani.

“Form surat keterangan ini bisa diperoleh di kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung, Jl. Raya Soreang Km.17 Soreang-Bandung, setelah diisi, baru diproses oleh petugas dan ditandatangani, dengan masa berlaku enam bulan,” pungkas Dia.

Press Release Kominfo Setda Kabupaten Bandung